Senin, 04 Juni 2012

PUKUL 01.00 WITA

Pukul 01.00 wita, hari telah berganti. kini hari minggu, tanggal 22 april 2012, seorang anak kecil dengan panggulan karung di pundaknya, menarik perhatianku. 2 orang bocah, berlarian mengejar kawannya yang tadi. mereka berdua pun menenteng karung plastik, yang ternyata berisikan botol plastik bekas. KM Sinabung telah merapat di Pelabuhan Banggai. pedagang asongan berkaos merah, yang dibelakangnya tertulis "asongan" terus meneriakkan dagangannya.

Pelabuhan Banggai dalam rekaman memori perjalananku 11 tahun yang lalu, saat mengikuti even Prepcom di Bali, tepatnya tahun 2001, belum memiliki dermaga. Kapal yang kutumpangi saat itu hanya berlabuh. Kami masih bisa menyaksikan kepiawaian anak pesisir berloncatan dari kapal tuk berlomba mengejar uang koin seratusan yang dilemparkan ke laut.

Corong pengumuman tadi menginformasikan sesuatu yang baru dalam pendengaranku selama aku menumpangi kapal Pelni. bahwa, lama keberadaan kapal di pelabuhan banggai, tidak berdasarakan waktu, tapi tergantung penumpang yang turun dan naik. jika semua penumpang telah naik, maka kapal langsung bertolak meninggalkan pelabuhan. Hal yang menggelitik urat senyumku adalah, meski telah diumumkan berulang kali, agar pengantar, pengunjung, buruh bagasi, serta pedagang asongan segera turun dari atas kapal, namun mereka melakukan aksi tak mau turun. pluit petugas berbunyi tak henti, memaksa mereka untuk turun. hingga pengumuman ABK Dek siap muka belakang, kapal siap berangkat, berulang kali diumumkan, masih terlihat beberapa pedagang asongan menjajakan dagangannya.

Mendes, Eros, Ical dan Sarfan yang tadi bertindak sebagai relawan yang turun ke dermaga, telah kembali dengan tentengan tas plastik berisikan buras, suami (makanan khas sultra), serta ikan bakar. 12 orang pun bersantap dini hari penuh lahap. usai makan, ternyata Sinabung telah jauh dari dermaga. perjalanan kami lanjutkan menuju pelabuhan Bitung, dengan waktu tempuh 11 jam. saatnya lelap...



*(Edisi Yang Tercecer di Lautan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar